Cream Hn

Ajari Anak Berkata "Tidak" Jeng!!!


Agar Anak Tahu Cara Berkata Tidak - Anak usia dini dan anak usia remaja seringkali mengalami kesulitan mengatakan kata "tidak" di lingkungannya yng berusaha menjerumuskan. Mereka cenderung tidak bisa menolak berbagai hal yang sebenarnya bertentangan dengan kata hati. hal inilah yng harus kita ajarkan jeng, Agar Anak Tahu Cara Berkata Tidak.


Misal pada anak usia dini yang masih bersekolah di taman kanak-kanak atau telah memasuki sekolah dasar, pada saat mereka bertemu dengan seseorang yng tidak di kenal dan berusaha merayu dan mengajakny pergi ke suatu tempat tanpa sepengetahuan orang tua atau guru maka anak tersebut dengan gampang percaya dan mau mengkutiny karena anda belum Ajari Anak Berkata Tidak.

Adapun contoh kasus pada anak baru gede atau usia remaja, ketika teman-teman mengajaknya pesta narkoba, mereka tidak kuasa menolak untuk bergabung, ataupun seoarang anak remaja yng telah mengenal cinta tidak mampu menolak rayuan dan ajakan teman kencanny untuk "berhubungan yng lebih jauh". Kenapa??? Karena anda tidak menanamkan kata "TIDAK" untuk situasi yng sangat-sangat berbahaya seperti itu.

Kebanyakan anak yang baru menginjak remaja, bersedia melakukan apa saja asalkan diterima oleh lingkungannya. Mereka cenderung mencoba melakukan sesuatu yang dianggap terbaik demi menyenangkan orang lain. Pengetahuan tentang berkata "tidak" ini sangat minim hingga dengan gampangny khususnya untuk anak perempuan remaja, terutama saat mulai pubertas terjebak di jalan yng salah.

Sebagai orang tua, Anda punya tugas penting untuk membantu memberi mereka pengetahuan. Untuk memudahkan Anda membimbing putra-putri di rumah secara bertahap, panduan ini dikutip dari Datingtips. Agar Anak Tahu Cara Berkata Tidak maka:

~ Mengembangkan keterampilan bersikap tegas

Cara terbaik mengajarkan remaja berkata "tidak" adalah dengan mengembangkan keterampilan bersikap tegas. Anak perlu diingatkan bahwa tidak ada kewajiban untuk selalu menyenangkan orang lain hanya karena supaya dapat diterima dalam kelompok.

Ajarkan mereka mengembangkan sikap lebih tegas. Ini bisa membantu mereka belajar bagaimana menolak hal-hal seperti mencoba-coba narkoba, seks bebas, dan lain-lain.

~ Berani mengatakan ‘tidak’

Ada banyak pendekatan yang sebenarnya bisa lakukan remaja untuk berani mengatakan "tidak". Salah satu cara terbaik adalah dengan langsung mengatakannya saat mengetahui ada sesuatu yang bertentangan dengan kata hati, dalam situasi apapun.

Memang ada beberapa kasus yang mungkin sulit bagi remaja untuk melakukannya, misalnya karena tekanan orang lain. Tapi, ajarkan padanya untuk tetap berani mengatakan "tidak".

~ Belajar mengubah topik

Ketika seorang remaja berada dalam situasi sulit memilih atau di bawah tekanan orang lain untuk melakukan sesuatu bertentangan kata hati, agar dapat keluar dari keadaan ini, bisa dilakukan dengan mengubah topik diskusi.

Hal itu sangat penting bagi para remaja. Mereka harus belajar bagaimana mengubah subyek pembicaraan ketika berada dalam tekanan kelompoknya.

Salah satu cara lainnya adalah dengan berimprovisasi, misalnya memilih meninggalkan pembicaraan. Remaja harus belajar untuk memiliki sarana untuk keluar dari situasi sebelum bertambah buruk. Ayo jeng mulai dari sekarang ajari anak berkata "Tidak" Agar Anak Tahu Cara Berkata Tidak.

Baca juga:

0 comments:

Upsss jangan mencantumkan URL website/blog yah ^_^ peace!!!

 
Bloggirl - by Google - Powered Blogger