Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi


Cara Menghitung Masa Subur Wanita - Setiap wanita sebenarnya harus tau kapan masa subur berlangsung. Apalagi bagi wanita yang sudah berumah tangga dan ingin mendapatkan momongan dengan cepat.


Btw apasih yang di maksud dengan masa subur wanita? Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan.

Masa subur dapat di ketahui melalui siklus menstruasi. Nah berikut ini Bloggirl ada tips Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi.


1. Siklus haid teratur

“Jika anda mempunyai siklus haid yang teratur yakni 28 hari, itu lebih mudah mengitungnya. Hari pertama haid dihitung sebagai hari pertama. Masa suburnya terletak pada hari ke-14 dari siklus haid tersebut,”

Dicontohkan, jika seorang wanita mendapat haid mulai tanggal 7 Februari, tanggal ini dihitung sebagai hari pertama. Maka hari ke-14 yang jatuh pada tanggal 21 Februari merupakan masa subur. Jika dalam masa program menginginkan kehamilan, masa subur digunakan untuk melakukan hubungan seksual. Jika tidak menginginkan kehamilan, maka hendaknya menghindari bersenggama pada masa subur tersebut.

2. Siklus haid tidak teratur

“Jika mempunyai siklus haid tidak teratur, tentunya lebih sulit mengetahui dan mengihitung masa suburnya, perhatikan siklus haid dalam 6 bulan berturut-turut,” Catat jumlah hari dalam siklus haid selama 6 bulan atau 6 kali siklus haid anda. Jika siklus haid tidak teratur, maka tentu anda akan menemui siklus haid terpendek dan terpanjang.

Catat siklus terpendek dan terpanjang, contohnya jika siklus terpendek anda hari ke-20 dan terpanjang anda 32 hari. Hitung siklus terpendek yakni 20 hari itu, masa subur anda dimulai sejak hari ke-10 sampai hari ke-18. Secara acak jika anda dalam program kehamilan, maka hubungan suami istri dimulai pada hari ke-10 dari jumlah terpendek itu. “Jangan dilakukan setiap hari, lakukan senggama pada hari ke-10, 12, 14, 18, berikan setiap jeda waktu untuk perbaiki sperma, karena sperma itu punya umur,”

Hemmm...jujur aja jeng aku sendiri bingung Cara Menghitung Masa Subur Wanita tapi semoga penjelasan di atas dapat di mengerti oleh anda !!!

Baca juga:

0 komentar:

Upsss jangan mencantumkan URL website/blog yah ^_^ peace!!!

 
Bloggirl - by Google - Powered Blogger