Makanan Pantangan Ibu Hamil


Makanan Pantangan Ibu Hamil - Jangan sembarang mengkonsumsi makanan saat sedang hamil. Info penting nie jeng, yuk simak Makanan Pantangan Ibu Hamil di bawah ini. Agar tau makanan apa saja yang baik di konsumsi dan yang berbahaya di konsumsi baik bagi janin yng di kandung maupun bagi sang ibu yng mengandung.

Makanan Pantangan Ibu Hamil

Hal ini sering di sebut mitos oleh orang-orang tua dulu tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa semua Makanan Pantangan Ibu Hamil itu benar apa lagi sudah banyak pantangan makanan yang telah diuji dan diperkuat secara medis. Oleh American Pregnancy Association (APA) menyebutkan beberapa Makanan Pantangan Ibu Hamil yang tak boleh dikonsumsi:

1. Makanan Mentah : Daging, ikan dan sayuran
Sepertinya bagi yng suka makan sushi harus berpuasa dulu. Daging atau ikan tanpa dimasak ternyata sangat beresiko bagi ibu hamil karena mengandung bakteri berbahaya seperti toxoplasma dan salmonella. Metode orang jepang memakan ikan laut mentah atau setengah matang yang bisa membuat otak pintar tidak berlaku bagi ibu hamil jeng.

Tidak hanya ikan dan daging, sayuran mentah juga sebaiknya dihindari. Pastikan semua sayuran yang Anda konsumsi dalam keadaan matang. Karena jika tidak ancaman toxoplasma, pestisida yang dibawa oleh sayuran mentah juga akan mengganggu perkembangan janin jeng.

2. Ikan yang Mengandung Kadar Merkuri
Hindari mengkonsumsi ikan yang berkadar merkuri tinggi seperti hiu, todak, king mackerel dan tilefish kemudian berkadar merkuri sedang seperti tuna, lobster dan ikan trout laut. Karena bisa menyebabkan gangguan saraf dan penundaan perkembangan janin.

3. Telur Mentah atau Setengah Matang
Telur mentah ataupun setengah matang adalah salah satu Makanan Pantangan Ibu Hamil. Bakteri Salmonella pada umumnya tinggal di sana dan sangat berbahaya bagi janin. Mengkonsumsi kuning telur mentah atau telur setengah matang hanya di anjurkan untuk batita, balita dan bapaknya (heee...)

4, Saus/krim Berbahan Dasar Telur Mentah
Karena telur mentah atau setengah matang menjadi Makanan Pantangan Ibu Hamil, maka salad dressing, mayonaise, ice cream homemade, custard, ataupun cream kue sebaiknya dihindari.

5. Soft Cheese + Susu non-pasteurisasi
Keju-keju impor dan susu non-pasteurisasi juga di anjurkan dihindari karena keduanya mengandung bakteri yang disebut Listeria. Bakteri ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan pendarahan, hingga keguguran. Wah...dangerous jeng.

6. Kafein
Batasi mengkonsumsi kafein, seperti yang terkandung di dalam kopi. Walaupun beberapa studi memperbolehkan wanita hamil mengonsumsi kafein. Namun, menurut versi APA menyebutkan bahwa kafein membuat rentan terhadap keguguran, terutama pada usia kehamilan trisemester.

7. Alkohol
Minuman ini bisa juga di sebut racun jeng. Alkohol perusak sistem syaraf jika dikonsumsi rutin apa lagi jika sudah candu. Alkohol juga sudah lama masuk dalam daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil. Alkohol sangat berbahaya bagi siapapun termasuk yang tidak sedang hamil. Ancaman alkohol selain berbahaya bagi ginjal dan jantung, juga berbahaya bagi seluruh bagian tubuh lainnya. Pada ibu hamil dan menyusui, alkohol dapat menyebabkan gangguan mental pada bayi, dan gangguan kehamilan lainnya.

Ok jeng, semoga daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi calon ibu yang sedang mengandung!

Baca juga:

0 komentar:

Upsss jangan mencantumkan URL website/blog yah ^_^ peace!!!

 
Bloggirl - by Google - Powered Blogger