Cream Hn

Waspadai Pneumonia Pada Balita


Waspadai Pneumonia Pada Balita - Bloggirl ingin memberitahukan informasi penting untuk para ibu masalah Pneumonia, di simak yah!!! Pneumonia adalah penyakit nomor satu yang menjadi pembunuh balita di dunia, terutama di Amerika pada tahun 1936. Pneumonia tentu saja juga menjadi musuh terbesar balita di Indonesia, perlu di ketahui Indonesia ada di urutan ke-enam untuk kasus Pneumonia ini. Di Indonesia, pneumonia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kardiovaskuler dan TBC.


Menurut laporan WHO, sekitar 800.000 hingga 1 juta anak meninggal dunia tiap tahun akibat pneumonia. Bahkan UNICEF dan WHO menyebutkan pneumonia sebagai penyebab kematian anak balita tertinggi, melebihi penyakit-penyakit lain seperti campak, malaria, serta AIDS.

Pneumonia merupakan proses radang akut pada jaringan paru (alveoli) yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Pneumonia dapat menyebabkan kematian jika paru paru sudah terisi cairan + nanah dan gagal menjalankan fungsinya untuk memasok oksigen bagi tubuh, hingga membuat sel-sel tubuh tidak bisa bekerja.

Terjadinya pneumonia pada anak seringkali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus (biasa disebut bronchopneumonia). Gejala penyakit ini berupa napas cepat dan napas sesak, karena paru meradang secara mendadak. Batas napas cepat adalah frekuensi pernapasan sebanyak 50 kali per menit atau lebih pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 1 tahun, dan 40 kali per menit atau lebih pada anak usia 1 tahun sampai kurang dari 5 tahun. Pada anak dibawah usia 2 bulan, tidak dikenal diagnosis pneumonia.

Pneumonia berat ditandai dengan adanya batuk atau (juga disertai) kesukaran bernapas, napas sesak atau penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun. Pada kelompok usia ini dikenal juga pneumonia sangat berat dengan gejala batuk, kesukaran bernapas disertai gejala sianosis sentral dan tidak dapat minum. Sementara untuk anak dibawah 2 bulan, pneumonia berat ditandai dengan frekuensi pernapasan sebanyak 60 kali per menit atau lebih atau (juga disertai) penarikan kuat pada dinding dada sebelah bawah ke dalam.

Oleh karena itu jeng...kita harus ingat pesan bang Navi "Waspadalah...Waspadalah" heheheee...

Baca juga:

0 comments:

Upsss jangan mencantumkan URL website/blog yah ^_^ peace!!!

 
Bloggirl - by Google - Powered Blogger